Skip to content

Review MBC Day 12, 13 Agustus 2011

August 13, 2011

Yang saya dapatkan di MBC Day 12 ini adalah:

1. Pra-Palapa II

Pada Pra-Palapa II, anggota HME yang sudah mengikuti diklat berangkat ke desa yang dibina pada Palapa I untuk mengevaluasi dan mengecek kondisi pembangkit di sana sebagai pelatihan sebelum terjun ke Palapa II. Ternyata pada pembangkit di desa Palapa I, distribusi listriknya belum merata, ada satu rumah yang bisa menggunakan listrik sampai700W, sedangkan rumah lainnya tidak sampai 300W. Sistem distribusi ini diperbaiki. Selain itu dokumentasi mengenai sistem pendistribusiannya pun tidak ada, sehingga aktivis Palapa II harus mengulang semua sistem pendistribusiannya agar bisa didokumentasi dengan baik. Hal yang penting lagi untuk dilakukan adalah sistem proteksi. Proteksi-proteksi yang digunakan antara lain MCB, untuk memutus sementara aliran listrik ketika arus berlebih, sekring, untuk mencegah korsleting, kabel tanah, proteksi bila terkena petir, dan dummy load, penyalur energi listrik berlebih.

2. Materi Berbagai jenis IC dari Divisi Workshop

Kami diajarkan mengenai gerbang logika (tipe 7400 series), counter (mencacah bilangan berdasarkan sinyal dan mengeluarkan hasil bila diminta), dan dekoder (kebalikan dari encoder, mengubah kode binary ke suatu bentuk desimal / seven segment) dan Datasheet (keterangan jelas mengenai komponen). Di akhir materi, kami diberi tugas untuk membuat rangkaian bebas ber-IC.

3. Tour Lab

Kelompok saya mendapati tour lab ke:

1. Laboratorium Radar

Tempat anak-anak telkom, saya salah satunya, kuliah dan mengerjakan tugas akhir. Terdapat banyak barang mahal, di antaranya generator sinyal yang berharga hingga 200 juta rupiah.

2. Laboratorium Konversi

Tempat anak-anak power mengerjakan tugas akhir. Terdapat pembangkit listrik tenaga surya di dalamnya. Listrik satu ITB ternyata di atur distribusinya dari lab ini. Lab yang berisi banyak barang mahal juga. Satu kabel saja harganya 1 juta rupiah.

3. IC Design

Tempat IC design dilakukan. Software yang digunakan di lab ini termasuk paling canggih, seharga jutaan dolar.

4. Laboratorium Tegangan Tinggi (PLN)

Tempat penelitian yang melibatkan tegangan tinggi dilakukan. Sangat berbahaya.

5. Laboratorium VLSI

Very Large Scaled Integration. IC Design juga dilakukan di sini. Banyak mahasiswa residensi melakukan penelitian di sini.

6. Laboratorium Telematika

Tempat networking ITB diatur. Penelitian mengenai telematika diatur di sini.

Esensi dari tour lab ini, kita sebagai mahasiswa harus mendalami materi perkuliahan, termasuk keprofesian di dalamnya. Sehingga harapannya, setelah keprofesian dipahami, kita bisa membuat suatu karya yang berguna bagi masyarakat.

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a comment