Skip to content

Antena

September 21, 2011

Antena adalah alat yang digunakan untuk merubah sinyal listrik menjadi gelombang radio, dan sebaliknya. Biasanya digunakan pada pemancar dan penerima gelombang radio. Alat-alat yang menggunakan sistem kirim-mengirim sinyal tanpa kabel seperti radio, televisi, handphone, handy-talkie dan Wi-Fi menggunakan antena sebagai penerima dan pemancar gelombang radionya. Sebagai pemancar, antena menggunakan arus listrik dengan frekuensi gelombang radio, kemudian memancarkan energi sebagai gelombang elektromagnetik. Gelombang ini yang nantinya akan diterima antena penerima gelombang. Sedangkan sebagai penerima gelombang, antena menangkap gelombang elektromagnetik kemudian mengubahnya menjadi tegangan kecil di terminalnya. Sehingga penerima gelombang bisa bekerja.

Secara umum, antena dibagi 2:

1. Antena omnidireksional

Antena omnidireksional berfungsi untuk menerima dan memancarkan gelombang ke segala arah. Menggunakan frekuensi yang lebih rendah. Antena omnidireksional adalah antena yang paling umum digunakan. Antena panjang di mobil, radio dan televisi adalah contoh dari antena omnidireksional. Antena seperti ini biasanya memiliki panjang 1/4 panjang gelombang radio yang diterima. Contoh lainnya adalah antena dipol. Kadang-kadang bentuk antena diatur agar sinyal yang diterima atau dipancarkan mengarah ke satu sisi, walaupun sinyal dari arah lain tetap dapat diterima. Antena-antena televisi yang biasa kita temui memiliki spesifikasi seperti ini. Antena jenis ini lebih murah dan lebih mudah ditemui.

2. Antena direksional

Antena direksional memancarkan atau menerima gelombang dalam satu arah saja. Antena jenis ini digunakan bila tujuan atau asal sumber gelombang sudah diketahui, sehingga pengiriman dan penerimaan sinyalnya dipusatkan ke sana. Akibatnya, sinyal yang dipancarkan dapat diterima dengan baik. Frekuensi yang digunakan pun lebih tinggi. Antena jenis ini lebih mahal dan jarang ditemui.

From → Uncategorized

Leave a Comment

Leave a comment